"Ketika saya masih muda, saya membayangkan usia pertengahan itu semacam zona yang nyaman. Namun kini, pada kenyataan setelah tiba di usia tersebut, saya merasa hidup di zona perang. Lagu-lagu yang saya ciptakan sekarang lebih kepada proses ketika saya menumpahkan semua omong kosong sehingga saya dapat melanjutkan hidup tanpa harus melompat dari jembatan."





Itulah yang menjadi dasar bagi Tracey Thorn dalam membuat album terbarunya, Love and Its Opposite yang berisi kumpulan lagu indah yang berada di antara sedih dan bahagia, serta gelap dan terang.
"Album ini banyak menceritakan tentang kehidupan saya sekarang ini dan orang-orang sekitar saya. Lebih khususnya, album ini bercerita mengenai kehidupan setelah umur 40, " lanjut Tracey mengenai album terbarunya ini.
Bagi yang belum familiar dengan nama Tracey Thorn, ia adalah pemilik suara alto yang unik di balik grup pop Everything But The Girl (EBTG) yang telah berkarir sepanjang 18 tahun hingga memutuskan untuk hiatus di tahun 2000 karena ia dan pasangannya di EBTG (dan juga pasangannya di kehidupan nyata), Ben Watt memutuskan untuk berkonsentrasi membesarkan keluarga mereka. 
Di tahun 2007, Tracey merilis album solo keduanya Out of the Woods, dimana album solo pertamanya A Distant Shore dirilis jauh sebelum itu, yakni di tahun 1982, bersamaan dengan terbentuknya EBTG.
Dan kini di tahun  2010, tepatnya pada tanggal 17 Mei 2010, album solo ketiganya Love and Its Opposite dirilis oleh label Strange Feeling, milik suaminya Ben Watt yang baru dinikahinya tahun 2009 lalu setelah dua puluh tujuh tahun mereka berhubungan dan telah memiliki tiga orang anak.


Dalam album ini Tracey kembali bekerjasama dengan produser asal Berlin, Ewan Pearson yang sebelumnya menangani album keduanya, Out of The Woods.

Album ini menampilkan beberapa kolaborator, antara lain Jens Lekman yang berduet dengannya di sebuah interpretasi yang cantik dari lagu milik Lee Hazelwood, lalu ada anggota Hot Chip, Al Doyle yang bermain gitar dan bas pada beberapa lagu, serta singer songwriter asal Nashville, Cortney Tidwell.

Popcircle pada siaran hari Kamis besok (4 Maret 2010) akan memutarkan salah satu lagu dalam album terbaru dari Tracey Thorn ini. Nantikan pemutarannya.