Bulan November ini sepertinya adalah bulan kolaborasi bagi band asal Jakarta, SORE. Setelah minggu lalu mereka berkolaborasi dengan idola mereka Ebiet G Ade di konser Djakarta Artmosphere, semalam tepatnya tanggal 10 November 2009, SORE berkolaborasi dengan salah satu personil dari Sun City Girls, tuan Alan Bishop yang selama dua minggu belakangan ini sedang berada di Jakarta.


Ini bukan kedatangan pertama dari Alan. Ia sudah seringkali berkunjung ke Indonesia sekedar untuk berburu vinyl di jalan Surabaya ataupun mengunjungi beberapa kerabatnya. Alan memang terkenal cinta dengan Indonesia. Di salah satu wawancara, ia menyebutkan: "It's a pleasure to go to Indonesia. The people, food, music, climate, landscape, its a psychedelic experience 24 hours a day for me. I even like the water."

Dalam sebuah blog, kami menemukan beberapa fakta kecintaan Alan terhadap Indonesia khususnya musik Indonesia. Bisa dibaca disini.

Sun City Girl sendiri adalah band experimental rock asal Phoenix, Amerika Serikat yang keberadaannya cukup disegani di dunia musik rock experimental.
Band ini memulai karirnya di tahun 1979 dan akhirnya membubarkan diri di tahun 2007 ketika drummer mereka Charles Gocher meninggal dunia karena sakit kanker. Dua personil lainnya, kakak beradik Alan dan Richard Bishop kemudian sibuk dengan projectnya masing-masing hingga kini.

Menurut informasi yang kami baca di Twitter resmi SORE, semalam mereka merekam sebuah lagu bersama Alan Bishop di studio Bangka, milik Dono Firman, anggota terbaru dari SORE. Namun menurut mereka lagu yang direkam ini masih belum dipastikan akan masuk ke dalam album terbaru SORE atau tidak.

Saat ini SORE memang tengah dalam proses awal rekaman untuk album ketiga mereka yang akan diberi judul Los Skut Leboys. Menurut rilis press mereka, album ketiga ini akan memiliki nuansa yang cukup berbeda dari dua album sebelumnya.

“Rasanya seperti Centralismo, tapi punya sudut pandang Ports of Lima. Kalo digambarin, jika Centralismo itu ibunya, dan ayahnya adalah Ports of Lima adalah bapaknya, maka si album ini adalah anaknya,“ jelas Ade Paloh, gitaris dan vokalis SORE mengenai album ketiganya ini.

Sungguh sebuah album yang patut untuk dinantikan. Terlebih jika kolaborasi SORE dengan Alan Bishop dari Sun City Girls berhasil masuk ke dalam album.